Home » » Kadin Budpar Mengukuhkan Ketua PASJAR Kabupaten Kediri

Kadin Budpar Mengukuhkan Ketua PASJAR Kabupaten Kediri

Written By Hapraindonesia on 5/21/2014 | 11:02


Kediri, Hapra Indonesia.co – Budaya memiliki peranan penting dalam suatu Negara, maupun Daerah, pengaruh besar dalam berbagai hal dapat dirasakan juga melalui kemajuan maupun senantiasa menggeluti sebuah kesenian agar selalu terus hidup dan berkembang sebagaimana harapan para seniman-seniman di negeri ini.

Kabupaten Kediri pada khususnya, yang sangat luas wilayahnya, dan mempunyai berbagai macam tempat wisata di tawarkan untuk mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan untuk kesenian yang paling menonjol adalah jaranan.

Kesenian jaranan yang berada di Kabupaten Kediri di naungi oleh Paguyuban Seni Jaranan Kabupaten Kediri atau yang biasa di kenal dengan nama PASJAR, begitu solidnya persatuan, kerukunan terasa di tubuh PASJAR.

PASJAR yang beranggotakan kurang lebih sekitar (386) Tiga Ratus Delapan puluh Enam group jaranan, dan masing-masing group jaranan memiliki anggota sekitar (60), Enam Puluh orang, sangat luar biasa begitu banyaknya orang yang mempunyai latar belakang yang berbeda bersatu padu dalam hal kesenian jaranan terilhat begitu solid dengan saling mengisi dalam berbagai hal.

PASJAR sendiri sudah berdiri selama kurun waktu 8 tahun, dan Ketua PASJAR juga sudah ketiga kali ini berganti, yang sekarang di Ketuai oleh Bopo Hary Prantondo, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Ketua, sebagai pengakuan, pihak Pemkab Kediri, Pada hari Rabu tanggal 21 Mei 2014 sekitar Pukul 09:00 WIB Bopo Hary Pratondo di kukuhkan sebagai Ketua PASJAR oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Djoko Suwono, S.Sos.MAP.

Acara Pengukuhan bertempat di gedung Pendopo Pemkab Kediri,turut hadir dalam acara tersebut Sukatno, SSN.MM selaku Kepala Upt Taman Budaya Propinsi Jawa Timur, dan juga Sekertaris Tim Percepatan Pembangunan (TP3) Kabupaten Kediri Drs Eko Ediono, Msi, dan juga Pengurus-pengurus PASJAR dan Korcam seluruh Kabupaten Kediri.

Acara pelantikan tersebut di mulai dengan lagu menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya terlihat semakin kompak dan juga terasa rasa Persatuan dan Kesatuan begitu besar, acara di lanjutkan dengan pengukuhan Ketua dan juga pengurus-pengurus PASJAR oleh Djoko Suwono selaku Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri.

Selanjutnya pidato oleh Bopo Hary Pratondo selaku ketua PASJAR yang baru dikukuhkan, dalam Pidatonya Bopo Hary Pratondo berharap kepada seluruh pengurus PASJAR dan juga untuk semua anggota PASJAR yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Kediri, senantiasa bersatu padu dalam mengeluri kesenian jaranan itu sendiri, untuk dapat selalu di teruskan dan di kembangkan kepada generasi-generasi muda.

Tidak hanya itu saja prestasi prestasi besar juga telah di tunjukan oleh PASJAR dengan mengirimkan beberapa anggota untuk mengikuti event di kanca Nasional dengan menuai hasil yang cukup membanggakan, yaitu mendapat juara (1) satu, kebanggan tersebut pastinya sangatlah terasa, namun Bopo Hary Pratondo berharap jangan hanya puas dengan hasil tersebut, dalam hal ini seluruh seniman yang berada di PASJAR selalu terus mengembangkan kesenian jaranan sampai ke Kancah Internasional.

Gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai para pengurus PASJAR dan tamu undangan menambah semangat yang baru dan solidnya rasa kebanggaan terhadap PASJAR.

Selanjutnya acara di lanjutkan dengan sabutan dari Djoko Suwono, dalam sabutannya Djoko sangat bangga terhadap seluruh seniman yang bernaung di PASJAR, tidak hanya mengangkat suatu Budaya ataupun selalu mengeluri, namun juga berimbas terhadap sektor ekonomi di Daerah Pemkab Kediri, dan pemerintah akan senantiasa berkerja sama dalam hal mengembangkan Budaya dalam hal ini Kesenian jaranan, juga turut andil dalam berkolaborasi antara seniman dengan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pemkab Kediri dalam hal ini Dinas Budaya dan Pariwisata khususnya memberikan apresiasi sebesar besarnya terhadap PASJAR karena melalui kesenian jaranan ini juga mengangkat PAD Pemkab Kediri dengan di gelarnya Kesenian jaranan di wisata-wisata yang terdapat di Kabupaten Kediri.

Setelah sambutan dari Djoko selesai di teruskan sambutan dari Sekertaris TP3 Eko Ediono, M.Si pada kesempatan itu Eko berharap kepada PASJAR selalu singkron dalam visi misi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah agar supaya selalu terus berkembang khususnya dalam hal Kesenian, dan juga penataan yang baik di dalam internal maupun exsternal PASJAR supaya selalu bersinergi dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini kabupaten Kediri.

Tidak jauh berbeda dengan Eko, Kepala Upt Taman Budaya Propinsi Jawa Timur Sukatno, SSN, MM meminta selalu bersinergi tidak cuma di Kabupaten Kediri namun juga di wilayah Propinsi Jawa Timur, semakin luas pastinya juga semakin kuat dan mudahnya di kenal tidak hanya kanca Nasional namun juga ke kanca Internasional, dan acara di tutup dengan bersenandung lagu jawa di iringi oleh electon dan bernyanyi bergantian tidak cuma Djoko, Sukatno dan Eko pun ikut bernyanyi bersama dengan berjoget ria bersama PASJAR.(luh)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved