Home » » Kerapan Sapi Pakkopak & Rekeng Digelar

Kerapan Sapi Pakkopak & Rekeng Digelar

Written By Hapraindonesia on 11/03/2013 | 21:00

Pamekasan, HAPRA Indonesia.co - Pro dan kontra pelaksanaan kerapan sapi di Pulau Garam Madura antara Kerapan Sapi Pakkopak dan Kerapan Sapi Rekeng yang menimbulkan kontrofersi akhirnya digelar bersamaan.

Minggu 3 Nopember 2013 lalu, Kerapan Sapi Pakkopak digelar di Bangkalan sedangkan untuk Kerapan Sapi Rekeng di Pamekasan untuk perebutan Piala Presiden RI. Dengan terpecahnya di dua tempat, para petaruh juga terpecah.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengaku baru tahu, jika penyelenggaraan karapan sapi (Gubeng) piala Presiden, digelar di dua tempat tersebut. “Saya baru tahu, ternyata kerapan sapi ini dilaksanakan dua tempat, satu di Bangkalan yang satu digelar disini,” katanya kepada sejumlah wartawan,

Digerlarnya Kerapan sapi di dua tempat itu, Kata Bupati, untuk mengakomodir dua kelompok yang pro terhadap kerapan sapi dengan cara pakkopak, dan juga yang pro terhadap rekeng. Keduanya sama-sama piala Presiden, saya kira ini upaya pemerintah provinsi agar keduanya sama-sama jalan,” ulasnya.

Kedepan politisi partai Demokrat itu berharap, agar kedepan tidak ada dualisme dalam penyelenggaraan kerapan sapi di pulau Madura. Kalau kami, pemerintah kabupaten Pamekasan mengikuti arus, dan aspirasi dari masyarakat saja,” tuturnya.

Diharapkan, penyelenggaaraan karapan sapi itu mampu menggaet wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, sebab kerapan sapi merupakan kebudayaan andalan masyarakat Madura.

Bupati juga mengatakan “Terkait pariwisata dan kunjungan wisatawan, bukan hanya menjadi target Pemkab Pamekasan, tetapi empat Kabupaten juga mempunyai target yang sama,” tegasnya.

Sehingga kedepan, ia mengajak semua pihak untuk semakin memperbaiki penyelenggara kerapan sapi tersebut. Hal-hal yang perlu kita perbaiki, ayo kita perbaiki, termasuk agar tidak terlalu menyakiti sapi ayo kita bicarakan duduk bersama,” pungkasnya.(does/ws)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved