Home » , » Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas

Written By Hapraindonesia on 4/23/2015 | 06:33

Disusun Oleh: SUTRIANTO, S.Pd, Pengajar SMPN 3 Kalidawir, Tulungagung.

Upaya Melalui Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk dapat Meningkatkan Nilai Hasil Belajar Ketrampilan Jasa Materi Sifat-sifat Harta, Utang dan Modal dalam Pembukuan Pada Siswa Kelas IXC SMPN 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata Kunci:

Nilai Hasil Belajar ketrampilan jasa, metode Pembelajaran Berbasis Portofolio .

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.

Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya.

Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Pembelajaran Berbasis Portofolio. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran Berbasis Portofolio.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IXC Semester I di SMP Negeri 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan ke arah pencapaian tujuan penelitian. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 memperoleh skor 76,14 % pada siklus 2 meningkat menjadi 82,95 % peningkatan sebesar 82,95 % - 76,14 % = 6,81 %.

Pengelolaan pembelajaran berbasis portofolio pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata 3,09 pada siklus 2 meningkat menjadi 3,15 terjadi peningkatan sebesar 3,15 – 3,09 = 0,6.

Prestasi belajar siswa yang berupa laporan dokumentasi portofolio juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata skor 52,20 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 55,25 % peningkatannya sebesar 3,05 %. Sedangkan hasil kerja siswa yang berupa presentasi portofolio dari siklus 1 mendapat skor 20,25 % dan pada siklus 2 22 % terjadi peningkatan sebesar 1,75 %.

Hasil prestasi belajar siswa yang didasarkan hasil belajar dari siklus 1 dengan rata-rata 7,59 dan pada siklus 2 menjadi 8,00 terjadi peningkatan sebesar 0,40. Hal ini berarti pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya kelas IXC SMPN 3 Kalidawir Tulungagung.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved