Home » , » Peningkatkan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Materi Ajar

Peningkatkan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Materi Ajar

Written By Hapraindonesia on 12/01/2016 | 18:40

Publikasi Ilmiah Oleh :

HARTATI JUNAIKA, S.Pd, Pengajar Mata Pelajaran PKn SMPN 3 Kalidawir Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Nopember 2016.

Norma-Norma Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Introductuon (PBI) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Kata Kunci :

PKn, Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn, Model Pembelajaran Problem Based Introductuon (PBI) Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus.

Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Bagaimanakah Peningkatkan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Materi Ajar : Norma-Norma Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Introductuon (PBI) Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah:

(a) Ingin mengetahui Peningkatkan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Materi Ajar : Norma-Norma Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017 setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Introductuon (PBI).

(b) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan nilai hasil belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Semerter I Tahun Pelajaran 2016/2017.

Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dari hasil analisis didapatkan bahwa Nilai Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (62,22%), siklus II (88,88%), Simpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Introductuon (PBI) dapat berpengaruh positif terhadap Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Materi Ajar :

Norma-Norma Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved