Home » » Peningkatkan Nilai Hasil Belajar PKn

Peningkatkan Nilai Hasil Belajar PKn

Written By Hapraindonesia on 11/13/2015 | 08:20

Publikasi Ilmiah Oleh :

MARSIYAH, S.Pd, Pengajar Mata Pelajaran PKn SMPN 3 Kalidawir Tulungagung

Kata Kunci :

PKn, Nilai hasil belajar PKn, metode kerjasama kelompok.

Tulungagung, September 2015. Peningkatkan Nilai Hasil Belajar PKn Materi Ajar Menampilkan Perilaku Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Kerja Sama Kelompok Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Kalidawir Tulungagung Jawa Timur Semester I Tahun 2015/2016 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS).

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya. Memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan :

Bagaimanakah peningkatan nilai hasil belajar Pkn materi ajar Menampilkan Perilaku Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Kerja Sama Kelompok Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Semerter I Tahun Pelajaran 2015/2016.

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah:

(a) Ingin mengetahui peningkatan nilai hasil belajar Pkn materi ajar Menampilkan Perilaku Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila setelah diterapkannya pembelajaran kerja sama kelompok.

(b) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan nilai hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran .

Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Semerter I Tahun Pelajaran 2015/2016.

Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dari hasil analisis didapatkan bahwa Nilai Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Kerja Sama kelompok dapat berpengaruh positif terhada nilai hasil belajar pkn materi ajar menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila pada siswa Kelas VIII A SMPN 3 Kalidawir Tulungagung Jawa Timur Semester I Tahun 2015/2016. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.

Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved