Home » » Berhasil Tumbuhkan Peran Serta Masyarakat, Mas Abu Terima Penghargaan PWI Jatim Award 2016

Berhasil Tumbuhkan Peran Serta Masyarakat, Mas Abu Terima Penghargaan PWI Jatim Award 2016

Written By Hapraindonesia on 4/03/2016 | 10:06

Kediri, hapraindonesia.co - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur memberi penghargaan 'PWI Jatim Award Kategori Tokoh Daerah' kepada Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

PWI memilih Walikota Kediri sebagai kepala daerah yang berhasil menumbuhkan peran serta masyarakat dalam pembangunan di Kota Kediri.

Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-70 yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Rabu (30/3/2016) lalu.

Ketua PWI Jatim Ahmad Munir menyerahkan secara langsung penghargaan itu kepada Abdullah Abu Bakar. Turut hadir dalam acar ini Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

PWI Jatim melihat beberapa program Pemerintah Kota Kediri berhasil menumbuhkan peran serta masyarakat. Di antara program tersebut adalah Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas).

Prodamas merupakan program yang melibatkan masyarakat secara langsung mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, pemeliharan, hingga pengawasan pembangunan. Melalui Prodamas, konsep pembangunan tidak lagi menggunakan sistem top down, tetapi button up.

Mas Abu - panggilan akrab Abdullah Abu Bakar menuturkan, penghargaan ini diraih karena Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) yang telah berhasil dilaksanakan dan Pemkot Kediri bisa mempublikasikan serta transparasinya juga jelas. "Tentu ini akan sangat bermanfaat dan dinilai oleh PWI Jawa Timur,"ujarnya.

Kedepan, lanjut Mas Abu, Pemkot akan terus berkreasi untuk membuat program - program yang bagus dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat. Tahun 2016 ini, program yang juga dilaksanakan adalah English Massive dan perbaikan pelayanan di Kota Kediri. "Saat ini kita sedang berbenah dengan kelurahan. Saya berharap kelurahan di Kota Kediri bisa menjadi basis pelayanan masyarakat," terang suami dari Ferry Silviana Feronica.

Mas Abu juga menyampaikan rasa terima kasih kepada rekan media, karena informasi - informasi Pemerintah Daerah dipubliksikan. Dia merasa terbantu pemberitaan media massa, sehingga nama Kota Kediri menjadi harum, baik dari sisi pemerintahannya maupun dari sisi masyarakatnya.

Untuk diketahui, selain Prodamas, Mas Abu juga menjaring aspirasi dan masukan dari masyarakat melalui Surga (Suara Warga). Cukup dengan mengirimkan SMS ke 081333702221 atau membuka web resmi Pemerintah Kota Kediri, masyarakat bisa menyalurkan aspirasinya untuk Kota Kediri.

Dari pengaduan tersebut, Walikota akan tahu permasalahan yang ada di daerahnya secara tepat dan langsung.

Walikota Kediri juga membuat forum dialog dengan masyarakat Kota Kediri yang dinamai Kopi Tahu. Mas Abu terjun langsung kepada masyarakat untuk sharing tentang pembangunan baik sarana dan prasarana fisik maupun non fisik yang tentunya sesuai dengan kebutuhan warga.

Pertemuan ini dilakukan bergiliran disetiap Kelurahan di Kota Kediri dan tentunya kopi dan tahu khas Kediri sebagai hidangan untuk mengobrol.(Adv/Hms)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved