Home » » Cakarwesi Movement 2015 Dibuka Langsung Oleh Walikota Kediri

Cakarwesi Movement 2015 Dibuka Langsung Oleh Walikota Kediri

Written By Hapraindonesia on 12/20/2015 | 08:47

Kediri, hapraindonesia.co - Madura ada lomba karapan sapi, kali ini berbeda yang dilakukan oleh warga Kota Kediri. Pemerintah Kota Kediri melalui Kecamatan Pesantren menyelenggarakan lomba balapan karapan dengan menggunakan kambing.Lomba kali menjadi salah satu rangkaian acara ‘Cakarwesi Movement’ pada Sabtu (19/15).

Pada saat membuka rangkaian kegiatan Cakarwesi Movement, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan dengan kegiatan tersebut, seluruh elemen baik pemerintah dan masyarakat dapat berbaur dengan alam. Selain itu, lokasi perlombaan di Sumber Cakarwesi sendiri merupakan salah satu tempat yang iconic di Kota Kediri.

“Kami ingin lebih mengenalkan sumber cakarwesi ini. dan yang tidak kalah penting ini semua untuk nguri - uri kesenian dan budaya lokal," jelas Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri

Cakarwesi Movementn yang dilaksanakan, selama dua hari berturut-turut pada 19 dan 20 Desember 2015 ini selain mengadakan lomba karapan kambing, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pameran Kawasan Rumah Taman Lestari (KRPL), pameran jajanan tradisional, games untuk PAUD dan TK di Kecamatan Pesantren.

Dan yang paling menyedot perhatian masyarakat adalah lomba karapan kambing. Khusus lomba kerapan kambing ini diikuti oleh belasan peserta dari seluruh kelurahan di Kecamatan Pesantren. Dan semua kegiatan dilakukan dialam terbuka.

Dian Setiawan selaku panitia lomba karapan kambing mengatakan ketika ditemui dilokasi lomba digelar mengatakan, lomba ini baru diadakan pertama kalinya dalam kejuaraan ini dewan juri menilai peserta dari tingkat kecepatan kambing, kambing yang cepat mencapai garis finish akan dinobatkan menjadi juara. Untuk kambing yang dilombakan rata-rata berusia 3 sampai 5 tahun yang mempunyai kecepatan tinggi.

Dalam perlombaan ini, setiap peserta memakai dua kambing denga di dampingi satu orang joki. Kambing yang sedang berlari tidak jarang juga yang bertabrakan dengan kambing dari pesera lain. Tak pelak warga yang datang untuk menyaksikan langsung bersorak dan memberi semangat dari luar pagar pembatas.

Dalam kesempatan itu, Mas Abu juga meninjau stand pameran dan mengibarkan langsung bendera start dalam perlombaan karaban kambing. Perlombaan ini menarik banyak minat masyarakat untuk menyaksikan.

"Saya berpesan untuk masyarakat dan lurah agar menjaga dan meramaikan sumber cakarwesi. dengan kegiatan - kegiatan semacam ini akan merubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik kedepannya," pesan Mas Abu. (advhms/B@)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved