Home » , » Tiga Kecamatan Terancam Banjir Bandang, Diterjang Luapan Air Sungai

Tiga Kecamatan Terancam Banjir Bandang, Diterjang Luapan Air Sungai

Written By Hapraindonesia on 2/06/2015 | 05:51

Kediri, hapraindonesi.co - Hujan yang mengguyur di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (4/2) malam, membuat aliran sungai meluap. Akibatnya, di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Badas, Kecamatan Purwoasri dan Kecamatan Papar, Terancam banjir bandang.

Luapan air sungai yang meluber hingga ke pemukiman warga terjadi di Dusun Nolosuto, Desa Belor, Kecamatan Purwoasri, mencapai ketinggian hampir 50 Cm. Air sungai yang deras dan menerjang pepohonan dipinggiran sungai ikut terseret arus deras hingga menumbangkan pohon.

"Tadi malam sungai yang meluber ke pemukiman warga ketinggian air sampai lutut. Selain merusak plengsengan pinggir sungai, luapan air yang masuk ke pemukiman juga membuat tanah di Tempat pemakaman umum Dusun Nolosuto, banyak yang ambles,"tutur Kasi Humas Polsek Purwoasri Aiptu Jatmiko.

Luapan air sungai yang meluber ke pemukiman warga dan membuat banjir tidak berlangsung lama. Selang 1 jam, aliran sungai berangsur surut. Namun, warga sempat panik dan mengamankan barang berharga."Untungnya hujan tadi malam tidak lama dan luapan air sungai segera surut perlahan,"tambah Aiptu Sujatmiko.

Sementara itu, di Desa Puh Jajar, Kecamatan Papar, luapan air sungai nyaris merobohkan kandang ternak milik warga. Pasalnya, pinggir sungai ambrol tergerus derasan aliran sungai. Selain itu, potongan bambu yang menyangkut di Jembatan desa tersebut yang menghubungkan ke Dusun Santren nyaris roboh.

"Sejak tadi pagi warga kita kumpulkan untuk bekerja bakti gotong royong membersihkan potongan bambu maupun ranting pohon yang menyangkut di jembatan. Kalau tidak segera kita bersihkan dan semakin sampah menumpuk bisa membuat jembatan ini roboh,"terang Kades Puh Jajar, Suko Budi.(Dt/B@m)

Keterangan Gambar : Kondisi sungai ke esokan harinya sedang dibersihkan oleh warga.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved