Home » » Gubernur Soekarwo Kesulitan Cari Calon Pj Pengganti Untuk Risma

Gubernur Soekarwo Kesulitan Cari Calon Pj Pengganti Untuk Risma

Written By Hapraindonesia on 1/15/2015 | 13:58

Surabaya, hapraindonesia.co - Pemilukada yang akan di gelar di Jatim pada tahun ini, membuat pusing pak dhe karwo sapaan akrab Gubernur Jatim Soekarwo . Soekarwo mengaku kesulitan mencari calon pejabat eselon II yang akan ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Surabaya, pengganti Tri Rismaharini.

Selain Surabaya, kesulitan serupa juga akan terjadi saat menunjuk Pj Bupati/Wali Kota di 15 daerah lain di Jatim yang tahun ini akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Menurut Pakde Karwo, seorang Pj Bupati/Wali Kota harus orang yang benar-benar paham pemerintahan.

Selain menjadi pemimpin, seorang kepala daerah juga harus mengurusi masalah keuangan. "Jadi, terus terang saja ini memang angel (sulit). Tidak gampang cari orang seperti itu," keluhnya.

Lebihlanjut Soekarwo mengatakan , dalam menunjuk Pj bupati/wali kota, pihaknya, akan menggunakan pertimbangan zoning wilayah dan berat atau ringan permasalahan yang dihadapi suatu wilayah. Termasuk pertimbangan kondisi peta politik wilayah tersebut.

Hal itu dilakukan, karena tentang waktu masa jabatan Pj bupati/wali kota untuk 16 kabupaten/kota kemungkinan bervariatif. Ada yang mulai tiga bulan, enam bulan, setahun, dan bahkan lebih.

"Kalau Pj-nya cuma tiga sampai enam bulan masih mungkin untuk didobel (rangkap jabatan). Tapi kalau setahun pasti tidak mungkin, harus profesional," tandasnya.

Tapi khusus Kota Surabaya, meski jabatan Pj Wali Kota misalnya cuma enam bulan, Pakde Karwo menegaskan, bahwa si Pj tidak boleh rangkap jabatan. Karena permasalahan yang dihadapi cukup besar. "Dia (Pj) untuk Surabaya harus full dan tidak boleh nyambi," pungkasnya. (Suf/Sc

Keterangan Gambar : Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved