Home » , » Wabup Mojokerto Letakan Batu Pertama Rumah Mojopahit

Wabup Mojokerto Letakan Batu Pertama Rumah Mojopahit

Written By Hapraindonesia on 11/26/2014 | 17:46

Mojokerto-, hapraindonesia.co - Trowulan sudah terkenal sebagai situs purbakala kerajaan Majapahit yang berkembang sejak abad ke-13 hingga abad ke-15. Dan kekayaan situs Majapahit adalah bagian dari budaya nusantara yang merupakan aset bangsa yang tak ada duanya.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Mojokerto berupaya untuk menjaga, melestarikan dan menghidupkan kembali budaya Majapahit dalam masyarakat. Seperti pada hari Rabu 26 Nopember 2014, Wakil Bupati Mojokerto Dra. Hj. Chairun Nisa’ didampingi kepala Disporabudpar dan kepala desa Bejijong melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah Majapahit yang dipusatkan di desa Bejijong Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Turut hadir pula perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Lembaga Cagar Budaya dan masyarakat yang menjadi subyek pembangunan rumah Majapahit ini.

Kepala Disporabudpar Didik Chusnul Yakin dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan pembangunan rumah Majapahit ini adalah untuk pengembangan dan memberikan perlindungan situs Trowulan sebagai cagar budaya nasional. Sedangkan anggaran pembangunannya berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur dan sharing APBD Kabupaten Mojokerto.

Rumah Majapahit ini rencananya pada tahun 2014 ini akan dibangun sebanyak 94 rumah di desa Bejijong, 21 rumah di desa Sentonorejo dan 22 rumah di desa Jatipasar dan dana yang dialokasikan untuk kegiatan ini sebesar 74 Milyar.

Semula alokasi dana untuk pembangunan rumah Majapahit ini sebesar 25 juta rupiah per rumah. Namun setelah melalui penghitungan oleh konsultan perencana, setiap rumah ternyata menghabiskan dana sebesar 50-60 juta untuk pembangunan rumah Majapahit ini.

Wakil Bupati Choirun Nisa’ mengatakan bahwa kita seharusnya merasa bangga karena leluhur kita peradapannya sudah maju. “Saya mengharapkan partisipasi masyarakat dalam memelihara dan merawat rumah Majapahit ini sehingga dapat terjaga dalam jangka waktu yang lama” ujarnya. “ Kedepannya rumah Majapahit ini akan kita kembangkan sebagai homestay bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Trowulan” imbuhnya.

Pada Tahun 2015 Pemerintah Provinsi Jawa Timur bahkan sudah menganggarkan kembali pembangunan rumah Majapahit untuk rumah rumah di 3 desa tersebut yang belum mendapat jatah. Pemerintah Kabupaten Mojokerto berharap kedepannya pembangunan rumah Majapahit ini tidak hanya di 3 desa saja tetapi juga seluruh desa di wilayah kecamatan Trowulan. (Taurus

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Mojokerto Dra.Hj Chairun Nisa Meletakan Batu Pertama Rumah Mojopahit.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved