Home » , » Ulang Tahun ke-9 PASJAR Kabupaten Kediri Panen Prestasi dan Pencapaian Besar

Ulang Tahun ke-9 PASJAR Kabupaten Kediri Panen Prestasi dan Pencapaian Besar

Written By Hapraindonesia on 10/30/2014 | 12:40


Kediri, hapraindonesia.co - Rabu, 29 Oktober 2014 menjadi hari paling bersejarah bagi Paguyuban Seni jaranan (PASJAR) Kabupaten Kediri. Betapa tidak, pada hari tersebut paguyuban yang mewadahi segenap seniman kesenian Jaranan Kabupaten Kediri itu tengah memperingati hari ulang tahunnya yang ke sembilan.

Wajah-wajah bahagia nan bangga tersirat jelas dari segenap seniman dan seniwati Jaranan yang malam itu hadir untuk menyaksikan acara. Dalam peringatan yang berlangsung meriah dan spektakuler yang dipusatkan di Lapangan Kecamatan Ngadiluwih tersebut tampak banyak tokoh penting yang menyempatkan hadir.

Diantaranya adalah Wakil Bupati Kabupaten Kediri, Dewan Kesenian Kota Kediri (DK3), Paguyuban Jaranan Kota Kediri ‘Wahyu Kridha Budhaya’, Kepala Dinas Pariwisata beserta Staf, Paguyuban Jaranan Nganjuk, Ki Dalang Hardjito sebagai pengurus persatuan dalang, Bapak Suradi (Pengamat seni sekaligus Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri), Perwakilan Camat Ngadiluwih, Kepala Desa se-Kecamatan Ngadiluwih, Kapolsek Ngadiluwih, Dan Ramil Ngadiluwih dan banyak tamu serta undangan lain.

Banyaknya tokoh penting yang datang ikut mengapresiasi peringatan hari kelahiran PASJAR memang cukuplah beralasan, dalam usianya yang ke sembilan, dibawah kepemimpinan Bopo Hary Pratondo mampu mengangkat dan menunjukkan kelas Jaranan Kediri sebagai kesenian besar yang sangat luar biasa. Bukan lagi kesenian rakyat pinggiran yang seadanya.

Jaranan telah menjadi kebanggaan masyarakat, bukan hanya masyarakat Kediri tetapi juga masyarakat Jawa Timur dan Indonesia. Dibawah kepemimpinan Hari Pratondo, Jaranan juga menjadi bagian penting festival besar yang digelar setiap tahun secara kolosal dan melibatkan ribuan seniman ‘Festival 1000 Barongan’ adalah bukti nyatanya. Sederetan prestasi berskala provinsi dan nasional juga terus dikoleksi dengan memenangkan berbagai kejuaraan dan pagelaran seni diberbagai kota.

PASJAR telah mampu menorehkan catatan emas bagi upaya pelestarian kesenian agung Jaranan Kediri, Selamat Ulang Tahun PASJAR, Maju Terus untuk Membawa Jaranan ke Pentas Dunia.(Arief)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved