Home » » SMA NUSANTARA GELAR WORKSHOP KEPENULISAN DAN JURNALISTIK

SMA NUSANTARA GELAR WORKSHOP KEPENULISAN DAN JURNALISTIK

Written By Hapraindonesia on 10/31/2014 | 12:30

Gresik, hapraindonesia.co - Ada suasana berbeda di SMA NUSANTARA dalam dua hari kemarin, Rabu dan Kamis, 29-30 Oktober 2014. Puluhan siswa sekolah yang beralamat di Jl. Merdeka No. 05 Mojopuro Wetan, Bungah, Gresik ini serius mengikuti pelatihan kepenulisan dan jurnalistik yang dikemas dalam bentuk 2 days workshop of writing and journalism atau workshop dua hari tentang kepenulisan dan jurnalistik.

Acara ini digelar untuk mengeksplorasi bakat dan minat siswa pada kepenulisan dan jurnalistik yang selama ini masih terpendam. Pelatihan yang bertemakan ‘Menulis adalah Masa Depan’ ini mengenalkan para siswa mengenai profesi dan peluang masa depan pada dunia kepenulisan serta jurnalistik. Dengan memiliki kemampuan kepenulisan yang baik, para siswa tidak hanya bisa menunjukkan eksistensi dirinya. Lebih dari itu ia telah memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan terjun di masyarakat karena menjadi penulis bisa menjadi profesi yang menghasilkan.

Sebagai pembicara, sekolah menghadirkan Arief Syaifuddin Huda, seorang jurnalis dan penulis buku berskala Internasional. Digelar dalam format talkshow dengan peserta duduk lesehan, pelatihan berlangsung dengan santai namun serius. Materi-materi penting yang disampaikan dengan asyik dan komunikatif membuat para peserta betah mendengarkan. Tak jarang, tawa peserta meledak seketika ketika guyonan segar dilontarkan oleh pemateri yang juga menjabat General Manager PT. HAPRA Indonesia Media, induk perusahaan Koran HAPRA Indonesia .

Teknik bagaimana memulai menulis dengan mudah yang disampaikan dengan metode hypno-teaching juga membuat para peserta langsung termotivasi dan memiliki keyakinan diri yang tinggi untuk memulai menulis. Dalam praktek kepenulisan yang langsung dilaksanakan setelah pemberian materi terbukti, hampir seluruh peserta memiliki bakat dan kemampuan menulis yang baik. Mulai menulis cerpen, lagu, hingga artikel-artikel berat mengenai perpolitikan Indonesia.

“Saya sebenarnya suka menulis tetapi kurang percaya diri, mengikuti pelatihan ini membuat saya menjadi lebih percaya diri ketika menulis” kata Silvi, salah satu peserta pelatihan. Apa yang disampaikan Silvi juga diamini para peserta yang lain. Kualitas pemateri yang sangat kredibel memang menjadi penentu utama suksesnya pelatihan ini. Materi pelatihan yang berkualitas menjadi teknik-teknik kepenulisan yang sebenarnya cukup rumit menjadi mudah dicerna dan dipraktekkan.

“Saya terkejut dengan kemampuan yang dimiliki siswa SMA NUSANTARA. Sesungguhnya mereka memiliki bakat kepenulisan yang luar biasa tetapi belum tereksplorasi secara maksimal. Bila dikembangkan mereka berpotensi menjadi penulis handal” kata Arief Syaifuddin Huda yang menjadi pemateri acara tersebut. “Saya berharap seluruh peserta mau melanjutkan pelatihan di Sekolah Menulis – Arief Syaifuddin Huda (SMASH), media belajar menulis on-line melalui facebook yang saya sediakan secara gratis untuk seluruh alumni pelatihan kami agar hasilnya lebih maksimal” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA NUSANTARA, Ahsanul Khuluq, S.Si menyatakan bahwa acara yang digelar tersebut juga bertujuan membekali keterampilan para siswa agar lebih siap ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau terjun ke masyarakat.

“Pelatihan kepenulisan dan jurnalistik ini merupakan salah satu komitmen kami untuk memberi pendidikan terbaik bagi seluruh siswa, harapannya mereka memiliki keterampilan khusus sehingga lebih siap dan memiliki daya saing tinggi ketika terjun di masyarakat nanti” sambutnya.(Arief/Pras)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved