Home » » Pabrik PG Candi Baru Sidoarjo Buka Giling 2014

Pabrik PG Candi Baru Sidoarjo Buka Giling 2014

Written By Hapraindonesia on 4/22/2014 | 15:30

Sidoarjo, Hapra Indonesia.co - Pabrik Gula Candi Sidoarjo, pada hari selasa (22/4) menggelar selamatan buka giling tahun 2014 di Balai Pertemuan PG Candi Baru Sidoarjo. Kegiatan selamatan ini merupakan langkah awal dari segenap karyawan PG Candi Baru menuju sukses giling yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Tema yang diusung kali ini adalah "Dengan semangat kebersamaan, inovasi dan efisiensi berkelanjutan yang dilandasi kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas kita sukseskan giling tahun 2014". Selamatan buka giling PG Candi Baru tahun 2014 ini dihadiri oleh Direktur Utama PT . Rajawali Nusantara Indonesia, Direksi PG. Candi Baru serta para undangan yang meliputi Bupati Kabupaten Sidoarjo yang dalam hal diwakili oleh staf ahli bidang ekonomi, Kapolres Sidoarjo, para Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) .

Dalam kesempatan tersebut Direktur PG. Candi Baru H. Warsito dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini luas areal perkebunan tebu di Kabupaten Sidoarjo adalah 6221 hektar, yang mampu menghasilkan produksi tebu sebesar 4.686.690 kwintal. Dengan hasil tersebut mampu memproduksi gula sebesar 331.048 kwintal. “Dengan demikian produktivitas rata – rata tebu 755 kwintal per hektar, dan produktivitas rata – rata gula 52 kwintal per hektar. Dengan demikian randemennya rata – rata 7,24 %. Untuk PG Candi Baru ini akan melaksanakan Buka Giling pada tanggal 17 Mei mendatang,” jelas Warsito.

Sedangkan Direktur Utama PG. Rajawali Nusantara Indonesia, Ismet Hasan Putro menambahkan, bahwasannya produksi gula di tahun 2013 mengalami kehancuran, hal ini bukan disebabkan karena menurunnya kualitas gula Indonesia, tetapi karena harga gula kita kalah bersaing dengan gula import. Sementara itu sambutan Bupati Sidoarjo, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Handayani,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan industri gula di tanah air merupakan salah satu sumber daya yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Namun, Industri gula saat ini dihadapkan pada beberapa tantangan permasalahan, diantaranya infrastruktur industri yang rata-rata sudah relatif tua, yang berakibat pada menurunnya produktivitas industri. semua tantangan permasalahan tersebut perlu kita sikapi secara positif, dengan langkah nyata perbaikan kinerja.

Untuk itu, dalam acara tasyakuran Buka Giling Tebu Pabrik Gula Candi Baru ini, saya mengajak kepada semua pihak yang terkait dengan produktivitas gula, untuk mengkaji secara mendalam hal-hal yang menjadi permasalahan tadi, dengan mengembangkan sikap-sikap yang lebih terbuka sehingga sektor pertebuan dan pergulaan dapat eksis kembali, ” ungkap Yani.

“Ini merupakan tantangan kita bersama untuk mewujudkan mempertahankan dan meningkatkan pergulaan Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan gula impor. Dan untuk kedepannya pemerintah meninjau kembali permasalahan ini dan merevisi lagi regulasi tentang pergulaan yang berpihak pada pergulaan nasional, bukan pada gula impor. Harapan dan tekad semua karyawan PG Candi Baru adalah giling tahun 2014 lebih sukses lagi,amin” harapnya (Taurus )
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved