Home » , , » Walikota Kediri Tandatangani Kerjasama Penanganan Sanitasi Dengan Pemerintah Pusat

Walikota Kediri Tandatangani Kerjasama Penanganan Sanitasi Dengan Pemerintah Pusat

Written By Hapraindonesia on 7/20/2018 | 07:31

Foto: Dok/Hms
Kediri, hapraindonesia.co - Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menandatangani perjanjian kerjasama dengan pemerintah pusat di Hotel Sanur, Bali, Rabu (18/7/2018).

Dalam acara ini Walikota Kediri didampingi Plt. Kepala Barenlitbang Edi Darmasto dan Plh. Kepala Dinas PU Sunyata.

Acara tersebut juga dihadiri 97 kepala daerah kabupaten/kota se-Indonesia yang memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) dan TPS 3R di daerahnya.

Menurut Mas Abu, sapaan akrab Walikota Kediri, dengan kerjasama ini Sanimas akan dibangun di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo dengan dana APBN dari kementerian PUPR.

"Sanimas dengan desain septic tank komunal ini direncanakan mampu menampung limbah tinja dengan kapasitas layanan 360 orang," ujarnya.

Walikota berlatar belakang pengusaha ini mengharapkan dengan septic tank komunal pengelolaan limbah tinja di lingkungan Pondok Pesantren di Lirboyo dapat memenuhi standar kesehatan. Pembangunan terutama untuk menyediakan septic tank yang kedap air sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran yang dapat mencemari air tanah dan membahayakan kesehatan.

Untuk diketahui Sanimas merupakan program di bawah Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya yang menyasar kawasan perdesaan dan perkotaan.

Beberapa kegiatan pembangunan Sanimas di antaranya seperti pembangunan prasarana mandi cuci kakus (MCK), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kombinasi dengan MCK dan Sambungan Rumah (SR).

(Adv/Hms)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved