Home » » Sosialisasi Akan Pentingnya Kebersihan, RSUD Gambiran Gelar Lomba Cuci Tangan

Sosialisasi Akan Pentingnya Kebersihan, RSUD Gambiran Gelar Lomba Cuci Tangan

Written By Hapraindonesia on 12/16/2016 | 20:50

Kediri, hapraindonesia.co - Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang memasuki usia ke-141tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri menggelar lomba cuci tangan, bertempat di halaman lokasi wisata Tirtoyoso, Kuwak, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (16/12/2016).

Puluhan pelajar dari perwakilan SMA, SMK dan Mahasiswa Kesehatan se-Kota Kediri, berlomba menunjukan cara berperilaku hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan. selain rangkaian peringatan HUT RSUD Gambiran yang ke-141Lomba cuci tangan itu sendiri sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-52 tahun.

Kepala RSUD Gambiran Kota Kediri, dr. Fauzan Adima menjelaskan, acara lomba ini diikuti oleh 20 kelompok pelajar baik dari SMA, SMK serta Mahasiswa Kesehatan se-Kota Kediri. Masing-masing kelompok terdiri atas lima hingga tujuh pelajar.

"Disini peserta diharuskan menyisipkan gerakan cuci tangan melalui kreasi tarian, dance tarian modern maupun tradisional," katanya.

Masih kata dr Fauzan menambahkan, Melalui kompetisi lomba ini, dijadikan sebagai sarana sosialisasi tentang pentingnya mencuci tangan. Meski terlihat sepele, hal itu efektif agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Menurutnya, pelajar memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, baik untuk belajar maupun aktivitas lainnya.

"Dalam kehidupannya sehari hari, kita rentan sekali dapat terserang penyakit. Hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Maka dari itu, kita ajak sejak dini melakukan gerakan cuci tangan," tambahnya.

Sementara itu, Tari Salah mahasiswi kesehatan IIK Kota Kediri yang mengikuti lomba mengaku mengapresiasi kegiatan lomba tersebut.

Ditegaskan, agar kompetisi itu tidak hanya dilakukan seremonial yang sifatnya kompetitif. Menurutnya, cuci tangan meski sangat sederhana dilakukan, banyak yang menyepelekan. Padahal jika dilakukan rutin bisa memutus mata rantai kuman dan terbebas dari penyakit.

"Kami berharap lomba ini akan menjadi embrio bagi lahirnya anak-anak, generasi penerus bangsa yang sehat, kuat dan cerdas," harapnya.

(Adv/B@m)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved