Home » » Untuk Kota Kediri Bersih, Walikota Mengukuhkan Pendekar Kebersihan

Untuk Kota Kediri Bersih, Walikota Mengukuhkan Pendekar Kebersihan

Written By Hapraindonesia on 8/23/2015 | 15:27

Kediri, hapraindonesia.co - Masih Dalam semangat Hari Jadi Kota Kediri ke 1136, Wali Kota Kediri mengajak masyarakat kediri menciptakan kondisi bersih. untuk tercapainya kota kediri yang bersih pemkot kediri mengukuhkan puluhan aktifis yang menjadi Pendekar Kebersihan minggu (23/8). Para Pendekar Kebersihan itu akan menjadi pioner untuk mewujudkan kebersihan di setiap kelurahan.

Peresmian pendekar kebersihan ditandai dengan penyerahan sapu lidi oleh Walikota Kediri kepada salah satu seorang pendekar kebersihan, dan sebaliknyua salah satu pendekar kebersihan menyerahkan topi caping kepada walikota.

Penyerahan sapu menjadi penandaan simbolis perlengkapan untuk kebersihan sampah. sebaliknya, penyerahan topi caping menjadi simbol masyarakat dan pejabat harus bersama-sama menjaga kebersihan.

Mas Abu (sapaan akrab walikota kediri ) mengatakan, untuk mewujudkan kebersihan mulai tahun depan bakal dilombakan. Kelurahan yang mampu mewujudkan kebersihan mendapatkan award dari Pemerintah Kota Kediri.

Sebaliknya, bagi kelurahan yang tidak dapat mewujudkan kebersihan bakal mendapatkan penilaian tersendiri. Untuk menilai kebersihan ini akan melibatkan para praktisi, pemerhati lingkungan dan budayawan.

Slogan kota kediri bersih ini adalah , "Resik Ketitik, Reget Ketoro" yang artinya (Kebersihan Bakal Terlihat dan Kotor Kelihatan).

Selama ini Kota Kediri sangat getol untuk menjaga kebersihan kota. Sehingga setiap hari Jumat para pejabat digerakkan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah di selokan.

Karena urusan kebersihan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Termasuk untuk menanganinya harus dilakukan bersama-sama dengan masyarakat.

Para Pendekar Kebersihan ini selain bertanggung jawab membersihkan lingkungannya juga berhak menegur masyarakat yang membuang sampah seenaknya. Pendekar Kebersihan ini mendapatkan seragam hijau putih. Usai dikukuhkan, para Pendekar Kebersihan sempat memperagakan jurus-jurus gerakan sapu kebersihan. (B@m/hms)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved