Home » » Lomba Kota Sehat, Kota Kediri Targetkan predikat SWASTISABA WISTARA

Lomba Kota Sehat, Kota Kediri Targetkan predikat SWASTISABA WISTARA

Written By Hapraindonesia on 8/21/2015 | 16:51

Kediri, hapraindonesia.co - Kediri merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang sudah menyandang predikat sebagai kota sehat nasional. Ini setidaknya sudah dibuktikan dalam penilaian kota sehat tahun 2011 yang menganugerahkan Swastisaba Wistara kepada Kota Kediri, setelah sebelumnya pada tahun 2009 memperoleh Swastisaba Wiwerda. Penilaian ini tentu menjadi pemacu semangat bagi semua pihak untuk terus mengimplimentasikan indikator kota sehat hingga ke lapisan paling bawah yaitu kampung/rukun warga yang terdiri atas beberapa rukun tetangga yang beranggotakan beberapa keluarga.

Dalam acara lomba kota sehat pemkot kediri melalui Forum Kota Kediri Sehat (FKKS) di tahun 2015 ini menargetkan mendapat Predikat SWASTISABA WISTARA, dengan cara mengikuti evaluasi 6 tatanan.

Forum Kota kediri Sehat (FKKS) sendiri adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi terbentuk berdasarkan atas kesepakatan dari masyarakat.

Indikator khusus kota kediri sehat adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasana sehat, seperti Taman Ngronggo, Bank Sampah Hijau Daun Kec Bujel, Sanimas Blabak, Pasar pahing, dan Rumah Kompos Banaran.

Forum Kota Kediri Sehat berperan turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintregasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya, dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain. Sehingga dapat meningkatkan sarana produktivitas dan perekonomian masyarakatnya kota kediri khususnya.

Sasaranh Kota sehat, adalah untuk peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya serta perilakudan pelayanan kesehatan yqang dilaksanakan secara adil, merata dan terjangkau dengan memaksimalkan seluruh potensi sumberdaya yang ada. Terbentuknya forum masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar masyarakat, pemda dan pihak swasta serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan. Dan terwujudnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk meningkatkan produksifitas ekonomi wilayah dan masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya menjadi lebih baik.

Kronologi pelaksaanaan program kota sehat, tahun 1998 program kota sehat diawali dengan pilot projek dan kota kediri belum mengikutinya. Pada tahun 2001 Kota Kediri mengikuti program kota sehat dengan membentuk forum kota kediri sehat berdasarkan atas (SK Walikota Kediri 986/2001) dan diawali pelaksanaan replikasi kelurahan sehat di beberapa kelurahan.

Selanjutnya pada tahun 2005 mengikuti evaluasi kota sehat nasional dengan 2 tatanan berhasil mendapatkan predikat Swasti Saba Padapa, th 2007 mengikuti evaluasi kota sehat dengan 7 tatanan dan belum berhasil, th 2009 mengikuti evaluasi kota sehat dengan tatanan berhasil mendapatkan SWASTISABA WIWERDA, th 2011 mengikuti evaluasi kota sehat dengan 5 tatanan berhasil SWASTISABA WISTARA, th 2013 mengikuti evaluasi kota sehat dengan 6 tatanan berhasil SWASTISABA WISTARA, dan di tahun 2015 ini Kota kediri mengikuti kegiatan evaluasi 6 tatanan dengan target SWASTISABA WISTARA. (B@m/Red/Advdinkes)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved