Home » » Kiat Balai Uji KIR Pemkab Mojokerto Bidik ISO 3000

Kiat Balai Uji KIR Pemkab Mojokerto Bidik ISO 3000

Written By Hapraindonesia on 10/08/2014 | 16:15

Mojokerto, hapraindonesia.co - Peningkatan kualitas pengujian kendaraan bermotor ternya berdampak positif terhadap penurunan angka kecelakaan. Buktinya data menunjukan, jika uji kelaikan jalan kendaraan bermotor dilakukan sesuai standart.

Berakibat secara langsung kepada penurunan angka kecelakaan di jalan raya. Bagaiman konsep strategis teknis dalam pengujian kendaraan bermotor di kabupaten mojokerto berikut papar Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Mojokerto Drs. Drs.H.Eko Wahyono,MM.

Secara substansi jaminan keselamatan kendaraan bermotor dari kajian teknis terletak kepada kesiapan teknis kendaraan itu sendiri. Berangkat dari itulah, pemerintah daerah memiliki komiten untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat enggunan kendaraan bermotor dengan mengambil pera sebagai regulator dan fungsi control. Kata kunci hanya satu memberikan pelayanan maksimal melalui balai uji kir yang dimiliki pemkab mojokerto.

Hasilnya cukup menggembirakan, data terakhir menyebutkan dalam satu tahun kita mampu memberikan pelayanan uji ikir kepada 8.647 kendaraan dengan jumlah terbesar berada pada jenis kendaraan mobil barang bukan umum sebanyak 6.731 unit.

Unutk menuju semua itu, kami juga memiliki peralatan yang memenui standart mentri perhubungan uuntuk taman kendaraan di atas empat ribu kendaraan yakni peralatan pengujian sebanyak 13 item yang di peroleh 17 orang tenaga, baik adminitrasi maupun tenaga ahli pengujian kompentensi.

Ada dua keuntungan langsung yang sudah dicapai.pertama dari sisi pemerintahan daerah, Dishu memberikan kotrubusi riil berupa pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah,Red) yang terus naik. Pada tahun 2011 ditarget Rp. 3 milyar, tahun 2012, ditargetkan Rp. 5 milyar, tahun 2013 ditarget Rp.6 milyar dan tahun 2014 diharapkan lebih meningkat dari target tahun 2013.

Sedangkan keuntungan ke dua dari sisi masyarakat yakin berupa turunnya angka kecelakaan. Dari data polres mojokerto dalam tahun 2013 yang tercatat 605 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal dunia 52 orang, korban luka berat 36 orang, luka ringan 550 orang, kerugian material Rp.537.850.000. telah melakuan anilisa, ternyata sebagaian besar kecelakaan yang paling banyak melibatkan kendaraan bermotor yang tidak menjadi sasaran uji, dan kecil sekali yang melibatkan angkutan umum.

Fakta ini dapat dimaknai bahwa uji berkala bagi kendaraan bermotor sangat penting guna memperoleh kelaikan jalan dalam kaitan menekan angka kecelakaan. Sebagai upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, Dishub menerapkan standart pelayanan minimal diantaranya dengan menekan kepada seluruh tenaga oprasional di lapangan untuk selalu mengedepankan konsep transparansi dan semua informasi dapat diakses oleh public secara langsung.

Contoh, seluruh prosedur pengujian maupun tarip sudah dipublikasikan dan dapat dilihat langsung oleh masyarakat lokasi pengujian. Waktu pengujian dilakukan dengan sistim satu hari selesai, dengan catatan semua persyaratan lengkap, dan ini semua menjadi standart minimal pelayanan.

Untuk memberikan kenyaman kepada masyarakat, Dishub meminimalisir ruang gerak para calo. Kepada masyarakat diharapkan mendukung upaya ini caranya dengan mengurus langsung ke tempat pengujian, atau minimal memberi kuasa secara tertulis dan bermatrei jika pengurusan uji kendaraan dilakukan bukan oleh pemili sendiri.

Semua bukan tanpa kendala. Kendala terbesar lebih pada pola piker dan opini masyarakat yang berbentu hanya karena isu minor. Seperti kurangnya kesadaran masyarakat untuk disiplin memperpanjang STNK, menyakinkan masyarakat agar mau mengurus sendiri pengujiaan kendaraannya.

Kendala lain terletak pada internal yakni berupa sempitnya lahan parkir untuk pengujian. Terkait kendala-kendala tersebut kami sudah menyiapkan sejumlah solusi, baik eksteral terhadap masyarakat maupun perbaikan ke dalam instansi sendiri.” (Taurus/ADV

Keterangan Foto : Kepala DISHUB Kabupaten Mojokerto Drs. Eko Wahyono,MM
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved