Home » » Dua Kemenangan Bagi Bangsa

Dua Kemenangan Bagi Bangsa

Written By Hapraindonesia on 7/21/2014 | 15:39

Baru saja kita semua mengikuti perhelatan pesta demokrasi terbesar Tanah Air untuk memilih pasangan presiden dan wakil presiden Indonesia untuk lima tahun mendatang. Sayangnya, hasil hitung cepat (quick count) beberapa lembaga survei terpercaya masih terbelah. Sebagian memenangkan pasangan Jokowi-Kalla, sebagian lagi memenangkan Prabowo-Hatta. Tentu, mengenai hasil resminya kita menunggu selesainya perhitungan manual dan pengumuman yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terlepas dari siapapun yang ditetapkan sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih nantinya, mari kita tunjukkan kedewasaan kita dalam berdemokrasi dan berpolitik. Kelompok pendukung pasangan pemenang jangan terlalu larut dalam euforia kegembiraan berlebihan, apalagi mencaci maki, merendahkan dan menunjukkan arogansi kepada pihak yang kalah. Demikian pula, yang kalah hendaknya harus legowo, berani dan ikhlas menerima kekalahan tanpa harus mencari-cari kesalahan pasangan pemenang.

Sebagai perhelatan yang melibatkan ratusan juta orang, tentu saja, pasti akan ditemukan kesalahan-kesalahan atau bahkan tindakan-tindakan yang dilakukan sekelompok kecil orang dan mencederai demokrasi kita. Mari kita serahkan para pecundang demokrasi itu kepada pihak berwajib dan mempercayakan proses hu-kumnya. Kita jaga ketenangan dan ketentraman masyarakat untuk tidak terprovokasi kabar yang tak benar. Bangsa ini jauh lebih berharga bila dibanding sekedar pihak memihak pemilihan presiden dan wakilnya.

Kita harus percaya, bahwa kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden adalah putra terbaik bangsa. Mereka sama-sama berangkat dari niat mulia untuk membangun dan membesarkan bangsa kita. Karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk melupakan keberpihakan sebelum pemilu sebagai hal wajar dalam sebuah demokrasi untuk selanjutnya dengan sepenuh hati mendukung pemerintahan yang baru. Siapapun presiden terpilih tentu tak akan bisa bekerja maksimal tanpa dukungan seluruh rakyatnya.

Semangat Ramadhan yang tengah kita jalani seharusnya mampu menjadi inspirasi agar pemimpin terpilih adalah sosok yang benar-benar suci, jujur dan adil dalam mengemban amanah masyarakat Indonesia lima tahun ke depan. Di tangannya, semoga potensi bangsa yang ada bisa dilejitkan dan segala masalah yang masih tak tertangani bisa diselesaikan sesuai harapan dan keinginan masyarakat. Mari kita songsong Indonesia baru dengan bersama-sama berubah menjadi lebih baik.

Dengan cara pandang tersebut, Insya Allah, Pemilihan Presiden dan Ramadhan tahun ini membuahkan dua kemenangan sekaligus bagi bangsa kita; sukses memilih pemimpin yang berkualitas dan sukses menjadi hamba Tuhan yang beriman. Inilah dua kesuksesan yang akan mampu membawa bangsa kita menjadi bangsa yang besar sesuai harapan dan cita-cita kita semua. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Bathin.

Oleh : Hary Pratondo

Dirut : PT. HAPRA INDONESIA NEWS
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved