Home » » PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR OPTIMALKAN PARIWISATA MELALUI DESA WISATA

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR OPTIMALKAN PARIWISATA MELALUI DESA WISATA

Written By Hapraindonesia on 6/10/2014 | 10:30

Blitar, Hapra Indonesia.co - Kabupaten Blitar terkenal dengan potensi wisata baik alam maupun potensi wisata situs budaya.

Untuk mengoptimalkan potensi wisata yang ada, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudapar) Kabupaten Blitar melakukan berbagai upaya, yang saat ini ditekankan pada peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Keterangan ini diungkapkan Kasi Pengembangan Obyek Wisata Disporbudpar Kabupaten Blitar, Yudhi.Menurut Yudhi, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk pengembangan desa wisata yang masing-masing desa memiliki potensi obyek wisata.

Saat ini setidaknya ada 5 desa yang sudah mengembangkan desa wisata dengan mendapatkan alokasi anggaran dari PNPM Mandiri pariwisata. Seperti Desa Tulungrejo Gandusari dengan pontensi wisata alam, Semen Gandusari dengan potensi kampung ekologis dan berhasil masuk 10 besar nasional, desa wisata, Krisik Gandusari.

Sementara untuk kecamatan Nglegok, Desa Penataran dengan potensi Candi Penataran maupun pemandian, sedangkan Desa Siraman Kesamben potensi wisata kuliner.Lebih jauh Yudhi mengatakan masih ada beberapa desa yang berpontensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata diantaranya Desa Plosorejo Kademangan dengan potensi kampung coklat, Papungan Kanigoro petilasan mbah mujair, Tlogo Kanigoro dan Rejowinangun Kademngan dengan potensi makanan olahan, kemudian eks-lokalisasi Pasirharjo Talun dimana pemerintah desa setempat berencana mengembangkan lahan tersebut menjadi ruang publik.

Saat ini Disporbudpar Kabupaetn Blitar masih melakukan inventarisasi desa-desa yang memiliki potensi wisata untuk dioptimalkan lagi dengan melibatkan masyarakat sekitar. (IR-Dishubkominfo / nam)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved