Home » » Hidari Kemacetan Akibat Banjir Rute Jalur Pantura Diminta Beralih Jalur Selatan

Hidari Kemacetan Akibat Banjir Rute Jalur Pantura Diminta Beralih Jalur Selatan

Written By Hapraindonesia on 1/21/2014 | 08:00

Jakarta, HAPRA Indonesia.co - Musim penghujan kali ini bencana banjir selain di sebagian pulau Jawa juga di luar Jawa. Sementara itu, sebagian wilayah ibukota sarana transportasi mengalami lumpuh akibat banjir. Jalur transportasi di pulau Jawa kawasan pantai utara (Pantura) cukup parah digenangi banjir.

Sehingga kendaraan pribadi dan beragam transportasi lain diharapkan menggunakan jalur selatan. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto menghimbau mengalihkan menggunakan jalur selatan untuk menghndari kemacetan akibat jalan tergenang banjir di beberapa daerah sepanjang Pantura.

Djoko Murjanto Selasa (21/1/2014) di Jakarta mengatakan "Para pengendara jangan anggap enteng kondisi hujan yang mengakibatkan banjir sekarang, lebih baik dari awal siapkan rute khusus. Kami mengharapkan melewati jalur selatan dan masuk tol (Cipularang)," ujarnya.

Djoko Murjanto juga memaparkan bahwa kondisi curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan salah satu jalan nasional di jalur Pantura Jawa Barat yaitu dari Cirebon menuju Jakarta begitu juga sebaliknya mengalami banjir dengan ketinggian 50-100 cm. Menurut Djoko Murjanto saat ini masih banyak pengendara yang memaksakan untuk melewati jalan jalur pantura dan menunggu di sana, sehingga berakibat kemacetan yang panjang.

Upaya yang ditempuh Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang dan kerusakan jalan akibat digenangi banjir, telah memasang rambu-rambu di lokasi kerusakan jalan guna meminimalkan terjadinya kecelakaan.

"Saat ini ketinggian banjir sudah mencapai 1,5 meter. Penyebab banjir sendiri merupakan kombinasi dari luapan sungai Cimanuk dan pasang laut," ungkapnya. Menurut Djoko setelah airnya turun atau menyurut, akan dilanjutkan dengan memperhitungkan evaluasi penanganannya, di mulai dari permukaan, struktur jalan dan jembatan mulai dari struktur atas maupun bawah. (TIK)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved