Home » , , » Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ) Di Desa TalunBlandong

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ) Di Desa TalunBlandong

Written By Hapraindonesia on 8/25/2018 | 13:49

Foto: Istimewa
Mojokerto, hapraindonesia.co - Dalam rangka pengembangan dan pengelolaan sistim irigasi Partisipatif yang bertujuan untuk mendukung produktivitas lahan dalam meningkatkan produksi pertanian, ketahanan pangan khususnya kesejahteraan petani.

Program yang dicanangkan Pemerintah yaitu Padat Karya ,Pada minggu kedua Mei 2018 Kelompok HIPPA Desa TalunBlandong Makmur Kecamatan Dawar Blandong Kabupaten Mojokerto. Sudah melaksanakan Program Pembangunan Berupa Saluran irigasi yang hampir 70 persen.

Program tersebut tersebar di kecamatan diseluruh Indonesia. Dengan Nilai anggaran rata rata per Kelompok HIPPA sebesar 178 juta.

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ) merupakan Program kelanjutan yang sebelumnya pernah henti tahun 2001 dan salah satu yang sempat terlihat Waduk TalunBlandong yaitu di Desa Talun Blandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Diharapkan dengan pelaksanaan program padat karya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat karena pelaksanaan dilapangan menggunakan Swadaya berupa Tenaga Kerja Kelompok Hippa serempat sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke pedesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan.

Dengan berfokus kepada program padat karya, Pemerintah memberikan porsi yang lebih besar bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.

Terkait dukungan kedaulatan pangan dan Padat Karya maka diperlukan keterlibatan masyarakat melalui program P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) yaitu pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A) atau yang Lebih Umum pada kelompok HIPPA.

Foto: Istimewa 
Pelaksanaan P3-TGAI Ketua Sudirman, Sekretaris Sunadi, Bedahara Sutrisno, penanggung jawab Kepala Desa Talun Anton Suprapto yang dikerjakan oleh HIPPA desa TalunBlandong , Lokasi di sebelah Kantor Balai Desa TalunBlandong Anggaran 195 juta , ( APBN ) volume 204 meter, yang dikerjakan secara Swakelola selama 2 bulan mulai akhir Mei dengan perkiraan jumlah tenaga kurang lebih 23 tenaga kerja dengan Material batu padas putih paciran ,pasir dll.

Kepala Desa Talun Anton Suprapto berterima kasih atas Dukungan yang diberikan pada Kelompok HIPPA setempat sehingga diharapkan Pasokan Air yang dibutuhkan Warga Desa TalunBlandong terpenuhi sekaligus bisa Meningkatkan .

Anton Suprapto juga menyampaikan, bahwa tujuan adanya kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab, sekaligus memperdayakan masyarakat Petani, dengan harapan petani bisa sejahtera.

“Saya berharap kepada seluruh HIPPA Desa, agar betul-betul peduli terhadap petani, agar adanya HIPPA petani bisa merasakan manfaatnya.” Ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini menumbuhkan minat petani untuk memberi perhatian terhadap irigasi di sekitarnya. Dengan begitu, bila terjadi kerusakan para petani yang telah mendapat pelatihan bisa memperbaikinya sehingga pengairan berjalan baik." Ucap Anton.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Hengki Kurniadi sebagai DPRD RI sangat perduli di bidang pertanian terutama yaitu irigasi pertanian ini menyangkut nasib pertanian. Selain juga membantu bedah rumah dan jembatan." Ucap Anton Suprapto.

Harapan saya bapak Hengki Kurniadi pencalonan DPRD RI di dapel mojokerto-jombang bisa terpilih kembali di dalam pencalonan 2019 utama di daerahnya suara mutlak kedepan dipertanian lain bisa menyentuh warga lapisan Dawarblandong." Harapnya.

(Taurus)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved