Home » » Kelurahan Bawang Wakili Kota Kediri Dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tingkat Nasional

Kelurahan Bawang Wakili Kota Kediri Dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tingkat Nasional

Written By Hapraindonesia on 4/27/2017 | 11:27

Wakil Walikota Kediri Lilik Ketika Muhibbah membuka Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional 2017
Kediri, hapraindonesia.co - Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah membuka Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional 2017,di Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Rabu (26/04/2017). Turut hadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK Ferry Silviana Abu Bakar, Perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, serta warga dan pelajar Kelurahan Bawang.

Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri menjadi wakil Kota Kediri pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mewakili Kota Kediri dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat nasional.

"Alhamdulillah kali ini Kelurahan Bawang terpilih mewakili Provinsi Jawa Timur dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-KES Tingkat Nasional," ujar Wakil Walikota Kediri- Ning Lik Ketika memberikan Sambutannya.

Kelurahan Bawang terpilih dari 6 kota dan kabupaten di Indonesia yang menjadi nominator PHBS, Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri sendiri menjadi nominator PHBS karena di lingkungan tersebut setiap memasuki rumah harus bebas asap rokok.

Setelah sukses masuk dalam penilaian Tingkat Provinsi, tahun ini kembali Kelurahan Bawang masuk dalam nominasi penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2017.

Kesatuan gerak PKK-KB-KESEHATAN merupakan sinergi lintas stake holder dalam rangka meningkatkan capaian pembangunan, khususnya pada bidang kesehatan dan KB, yang di laksanakan melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk mendukung terlaksananya PHBS di Kota Kediri khususnya lingkungan Kelurahan Bawang diwujudkan dengan gerakan menekan angka kematian ibu dan bayi (GEMAKIBA), taman posyandu balita, senam lansia, gerakan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir yang difokuskan pada anak SD Bawang 2 dan rumah sehat.

Perubahan perilaku tidak sehat menjadi sehat yang sudah dilakukan oleh Kelurahan Bawang adalah dengan memberantas asap rokok dengan jargonnya “Cah Kediri Bro” yang merupakan komitmen bersama warga Kelurahan Bawang untuk stop rokok di dalam rumah. Caranya dengan menyediakan asbak di luar rumah, menyediakan area smoking, membentuk satgas dan polisi rokok.

PHBS ini bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi sehat. Tujuannya untuk meningkatkan, memelihara dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental, spiritual maupun sosial. “Kelurahan bawang ini adalah salah satu enam nominasi dari 34 peserta seluruh Indonesia yang terbaik,” ujar dr. Rin Yuliantari, ketua tim penilai PHBS Nasional.

Pada lomba PHBS ini, sebanyak 10 juri yang menilai Kelurahan Bawang. Dari 10 juri terdiri dari Kementerian Kesehatan RI dan PKK Pusat. Usai pemembukaan acara penilaian, tim juri didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ferry Silviana Abu Bakar mendatangi serta menilai PHBS di SDN Bawang 2 dan beberapa rumah warga di Kelurahan Bawang.

Kemudian lingkungan di RT 01 RW 01 yang menyediakan kegiatan seperti pemberian makanan berbahan baku ikan untuk balita, pemberian asi eklusif, penimbangan balita, penggunaan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, sosialisasi makan sayur dan buah dan kegiatan lain yang termasuk dalam 10 indikator PHBS.

(Adv/Humas)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved