Home » » Proyek Jembatan Mondo Tak Mengindahkan Perpres No. 70 Tahun 2012

Proyek Jembatan Mondo Tak Mengindahkan Perpres No. 70 Tahun 2012

Written By Hapraindonesia on 11/30/2014 | 16:32

Kediri, hapraindonesia.co – Proyek pembangunan jembatan yang menelandana APBD Kabupaten Kediri anggaran tahun 2014 senilai 5 milyar lebih tersebut ada banyak kejanggalan ,selain ambrol sebelum usai di kerjakan, Proyek Pemkab Kediri yang pengerjaanya dikerjakan oleh pemenang tender PT. TRIPLE’S PUTRA KEDIRI, dari awal pelaksanaan hingga proyek berjalan setengah, papan nama proyek takkunjung ada.

Dari tidak adanya papan nama pengerjaan proyek menyebabkan banyaknya warga tidak dapat mengetahui spesifikasi rincian proyek yang dikerjakan, demikian juga proyek yang dipercayakan kepada kontraktortersebutterlihatkurangtransparan. Sehingga dalam pengerjaannya terkesan asal-asalan, dan tidak heran jika ada proyek yang masih dalam kondisi pengerjaan namun sudah rusak.

Sebagai contoh, khususnya di kecamatan-kecamatan sepertipembangunan irigasi, perbaikanjalan, sertakegiatan lain yang sumberdari dananya DAK (Dana AlokasiKhusus), APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)maupun APBD ( Anggaran Pendapatandan Belanja Daerah) Pemerintah Kabupaten Kediri. Kenyataan bahwa Pengerjaan proyek tanpa papan nama tersebut,seolahmendapat pembiaran dari Dinas Pekerjaan Umum (PU). Padahal, hal itu bisamempengaruhi kualitas pengerjaan proyek.

Dalam hal ini rekanan tidak mengindahkan Perpres No 70 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, pemasangan papan nama proyek wajib di pasang danKepres No 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diwajibkan untuk memasang papan nama proyek, dan dalam BAB 1, Pasal 1, Nomor 2, Pengguna barang/jasa adalah kepala kantor/satuan kerja/pemimpin proyek/pemimpin bagian proyek/pengguna anggaran Daerah/pejabat yang disamakan sebagai pemilik pekerjaan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa dalam lingkungan unit kerja/proyek tertentu.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kediri Ananta Melalui Kepala Bidang Bina Marga Kabupaten Kediri Prianta mengakui bahwa memang papan nama belum di pasang dengan alasan lupa, padahal dari pihak konsultan sendiri sudah mengingatkan pihak PU, “ memang belum ada pasang papan nama mungkin lupa, dan kemarin konsultan juga sudah mengingatkan” Jelasnya.

Lebih mengherankan lagi ternyata papan nama untuk pembangunan jembatan mondo tersebut, belum dibuatkan/dipesankan, terbukti sewaktu Hapra Indonesia konfirmasi dan masih di ruangan kantornya.

Prianta menelpon salah seorang stafnya untuk memesankan papan nama, kemudian staf tersebut disuruh memasang di lokasi proyek jembatan mondo karena ada wartawan yang menanyakan, “ Mas tolong pesankan papan nama untuk proyek jembatan mondo lalu lekas dipasang dilokasi pengerjaan proyek, karena ada yang Wartawan yang menanyakan” kata Prianta kepada stafnya melalui ponselnya.

Lebih lanjut Prianta mengatakan bahwa ambrolnya Plengsengan mondo sebetulnya pihak dinas pekerjaan umum sendiri sudah mengingatkan kepada kontraktor bagian-bagian mana yang menjadi tatapan air agar lebih diperhatikan, untuk mengantisipasi datangnya aliran air hujan. karena pembanguan jembatan ini sendiri masih dalam kondisi pengerjaan di waktu musim penghujan.

“ Sebetulnya kita sudah lama mengingatkan, itu sebelah selatan tampungan air hujan tolong dikebut dan diperhatikan kondisi bangunannya untuk antisipasi aliran air hujan ” terangnya.

Sayangnya hingga berita ini di tulis Hapra Indonesia belum dapat menemui pihak PT. TRIPLE’S PUTRA KEDIRI, berkali-kali datang dan berusaha menemui pimpinan PT. TRIPLE’S selalu tidak ada ditempat,“ maaf mas jika belum janjian sama bapak tidak akan ditemui ” Ungkap salah satu staf perempuan dikantornya.

Seperti di beritakan sebelumnya Proyek pembangunan jembatan Mondo yang masih dalam tahap pembangunan, Minggu (16/11) sekitar pukul 19:00 WIB tiba-tiba ambrol di Desa Mondo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. (B@m/Galuh)

Keterangan Gambar : Foto jembatan mondo yang ambrol beberapa waktu lalu.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved