Home » » Tadarus Al Qur’an Untuk Tingkatkan Keimanan

Tadarus Al Qur’an Untuk Tingkatkan Keimanan

Written By Hapraindonesia on 7/08/2014 | 09:58

MOJOKERTO, Hapraindonesia.co - Kegiatan rutin tadarus Al Qur’an kembali digelar Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Senin (07/07). Ketua Pelaksana Kepala Bapemas Ardi Sepdianto mengatakan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan untuk pemberdayaan masyarakat dibidang keagamaan. Dan pada pelaksanaannya tahun ini dimotori oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten, Dharma Wanita, serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

” Bertempat di Masjid Baiturrahman Kabupaten Mojokerto, pembukaan tadarus diikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Staf Ahli serta Kepala SKPD, Ketua TP PKK Kabupaten Dr Ikfina Mustofa Kamal Pasa, Ketua Dharma Wanita Diah Ratna Herry Suwito, Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan, dan Pengurus GOW.

Ketua Takmir Masjid Baiturrahman Dr. H Akh. Jazuli SH mengatakan,” Rangkaian kegiatan di masjid Baiturrahman selama Ramadhan meliputi pengajian setelah sholat Dhuhur, sholat Isya dilanjut sholat Taraweh dengan kultum, dan kemudian tadarus, serta qiyamul lail.

” Dikatakan pula, Tadarus Al Qur’an adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Sementara yang membatalkan pahala puasa ada lima hal, yaitu : Dusta, Ghibah, Namimah (mengadu domba), melihat yang bukan muhrim dengan syahwat dan sumpah palsu.

“Di bulan Ramadhan doa-doa banyak dikabulkan Allah SWT, untuk itu perbanyak doa yang baik untuk keluarga, bangsa dan negara,” pesan Jazuli menutup sambutannya. Sementara itu, Ikfina pada sambutannya mengatakan, “Tadarus tahun ini ada yang spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena kegiatan ini selain di sponsori oleh Pemkab Mojokerto yang bekerjasama dengan TP PKK dan Dharma Wanita, GOW tahun ini turut mensponsori pelaksanaan tadarus.”

Dikatakannya bahwa tadarus kali ini juga diisi dengan pengkajian isi Al Qur’an selama tiga hari, yaitu hari Kamis minggu pertama pelaksanaan tadarus, Senin dan Kamis minggu berikutnya.

“Pengkajian isi Al Quran ini ditujukan agar kita tidak hanya mampu membaca Al Qur’an dengan tartil, namun memahami isi kandungan dari ayat-ayat Al Qur’an yang kita baca. Sehingga kita mampu mengamalkannya. Pada pengkajian nanti diutamakan yang berhubungan dengan fiqh wanita,” jelas Ikfina.

Ikfina juga meminta dukungan kepala SKPD agar memberikan ijin kepada anak buahnya yang merupakan anggota dharma wanita, untuk mengikuti tadarus pada hari yang dijadwalkan. Kegiatan tadarus dilaksanakan selama 2 minggu dengan 9 (sembilan) hari efektif karena ada libur untuk pelaksanaan Pilihan Presiden pada tanggal 9 Juli 2014. Tadarus ditutup pada hari Jum’at, 18 Juli 2014. (Taurus)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved