Home » » Hujan, Di Ponorogo Sering Terjadi Tanah Longsor

Hujan, Di Ponorogo Sering Terjadi Tanah Longsor

Written By Hapraindonesia on 2/07/2014 | 21:49

Ponorogo, HAPRA Indonesia.co - Di musim penghujan ini di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur selama dua bulan sedikitnya telah terjadi tanah longsor sebanyak 30 kali.

Hal itu terjadi karena lokasi letak geografisnya yang berada di daerah pegunungan.

Seringnya terjadi tanah longsor di Kabupaten Ponorogo tersebut, juga disebabkan lereng gunung yang tandus dan perbukitan yang tidak banyak ditanami pohon pelindung yang bisa untuk menyerap air hujan.

Disejumlah lokasi terdapat puluhan titik longsor itu mulai menimpa badan jalan hingga longsoranya menimpa bangunan rumah warga. Seperti longsor yang menimpa tembok rumah bagian belakang dan samping rumah milik Saman (50) warga Dusun Ketro, Desa Temon, Kecamatan Ngrayun.

Musibah yang dialami Saman, diakibatkan terjangan longsor yang datang dari bukit di belakang rumah korban itu, rumah korban mengalami kerusakan.

Menurut Camat Ngrayun Mardiyanto mengatakan hampir selama musim penghujan di wilayah kerjanya sudah ada sekitar 30 titik lokasi yang sudah longsor.

Masalah adanya tanah longsor tersebut, menurut Mardiyanto bahwa semua lokasi longsor itu sudah dilaksanakan evakuasi bersama-sama Muspika dan warga setempat.

Selain itu lokasi longsor juga sudah dilaporkan ke Bupati dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Ponorogo serta sejumlah instansi terkait, "Dari puluhan titik tersebut mulai dari menutup badan jalan, hilangnya sebagian badan jalan, termasuk ambrolnya talud (plengsengan), merusak jembatan serta terakhir merusak rumah milik Pak Saman," Pungkasnya. (TIM)
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Hapra Indonesia
Copyright © 2011. Hapra Indonesia - All Rights Reserved